Sunday, July 12, 2015

# Resep

Nasi Goreng komplit dengan ayam dan sayuran

Ini postingan pertama semenjak punya blog,,,postingan yang bikin runtag alias deg-degan ini akhirnya terpublikasi,,,daan sukses.

Makanan yang satu ini sudah sangat familiar di masyarakat Indonesia, siapa yang tidak kenal nasi goreng.

Setahu saya yang namanya nasi goreng itu ya nasi yang diberi bumbu bawang merah,bawang putih,cabai,garam,penyedap dan kecap manis, itu yang saya paham mengenai nasi goreng, karena memang itu yang di ajarkan oleh orang tua saya, tiap kali makan nasi goreng ya seperti itu rasanya, makannya ditemani telor ceplok atau telor dadar dan kerupuk (kalau pas ada).

Suatu saat kebetulan Ibu ku sedang ada acara ke Jakarta, tinggallah aku dan kakakku dirumah dengan Bapak, karena kita kelaparan,yang ada hanya nasi berkat (nasi yang diberi kan pada saat kita kondangan), lauk yang di berkat sudah habis, karena perbandingan porsi antara nasi dan lauk itu cukup signifikan jadi lauk sudah ludes habis, tersisa lah seonggok nasi nyempol (kalau nyempil kan dikit) di cepon (tempat nasi berkat).

Muncul lah ide untuk membuat nasi goreng, saat itu aku hanya memperhatikan Bapak memasak daan ternyata jauh berbeda dengan cara memasak nasi goreng yang biasa dilakukan oleh Ibu ku. 

Semua bumbu dipotong (bawang merah, bawang putih, dan cabe), tetap diberi garam, penyedap dan kecap. dan yang aneh menurutku waktu itu adalah muncul bahan tambahan baru yang selama ini tidak pernah aku lihat tiap memakan nasi goreng buatan ibu ku, yaitu KOL (diiris tipis), nah loh sayuran itu dengan lancar, tegas dan mantap dimasukan ke dalam nasi goreng,,,lemah gemulai bercampur dengan nasi, kecap dan teman-teman...makanan model apa ini (bergumam dalam hati). Setelah matang menurut versi Bapak ku, meskipun ragu-ragu aku memakannya karena lapar, dan oh la la, enak saudara-saudara.

Nah dari situ lah aku tahu bahwa sayuran kol bisa dibuat untuk campuran nasi goreng,menyiasati bagi penggemar nasi goreng yang kurang suka sama sayur, ini solusi nya.

Untuk menu nasi goreng kali ini saya buat menggunakan campuran kol dan ada tambahan ayam suwir untuk campurannya,agar semakin komplit,karbo,sayur dan protein lengkap dalam satu kali makan.

NASI GORENG AYAM KOL
(untuk 1 porsi)
Bahan:
- 1 piring nasi putih
- 200 Gram kol, iris tipis
- 2 helai daun bawang, iris tipis
- 300 gram ayam goreng,suwir kecil
- 3 buah cabai merah
- 5 buah cabai rawit (sesuai selera)
- 1 siung bawang putih
- 3 siung bawang merah
- minyak sayur secukupnya untuk menumis
- kecap manis secukupnya
- garam secukupnya
- penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat:
- Haluskan, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit dan garam
- Panaskan minyak sayur, sangrai bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum
- Masukan nasi, kol dan ayam
- Beri sedikit kecap manis serta penyedap rasa
- Masukan daun bawang
- Nasi Goreng Ayam Kol siap disajikan            

No comments:

Post a Comment