Monday, April 17, 2017

# Info Kuliner

Ragam Oleh-Oleh Dari Tegal

Tegal, sebuah kota dan kabupaten yang terletak di jalur Pantura ini menurut sejarah berasal dari kata Tetegal, yang artinya tanah pertanian, namun sumber lain mengatakan bahwa Tome Pires, seorang pedagang Portugis lah yang memberi sebutan Teteguall saat ia berlabuh di pelabuhan Tegal.

Apapun itu asal-usulnya nama kota Tegal, kota ini memang memiliki banyak keindahan alam yang menjadi obyek wisata para turis lokal maupun mancanegara, misalnya saja Sumber Air Panas Guci, Curug Cantel yang merupakan air terjun tertinggi di kabupaten Tegal, dan Danau Beko.

Selepas melihat-lihat pemandangan alam, para wisatawan bisa berburu kuliner lokal yang nikmat seperti sate batibul, nasi ponggol, kupat blengong; dan juga membeli panganan serta kerajinan yang bisa dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah.

Ada banyak oleh-oleh dari Tegal yang wajib dibeli saat di Tegal untuk dibawa pulang ke kota halaman, yaitu:
- Set Poci Tanah
Sebagai sentra penghasil teh di Nusantara, Tegal memiliki beberapa pabrik teh yang produknya sudah dipasarkan di dalam dan luar negeri. Selain teh celup dan teh tabur, kita bisa membeli set poci tanah yang cantik untuk dibawa pulang dan merasakan sendiri nikmatnya wangi sepet, legi dan kentel seduhan teh di rumah.

- Kerupuk Anthor

Kerupuk dari ampas ketela yang digoreng dengan pasir ini punya rasa yang unik, jangan lupa sediakan minum saat makan kerupuk ini karena terasa seret.

- Tahu Kuning/tahu aci/ tahu pletok
Tahu yang khas dari Tegal berwarna kuning, baik yang masih berbentuk kotak atau yang sudah diolah dengan isian aci, oleh karena itu dinamakan tahu aci. Nikmat banget disantap saat hangat dengan cabe rawit yang pedas. Ada juga tahu pletok, hampir mirip dengan tahu aci dengan bahan yang sama tapi tahunya lebih tipis dan renyah.

- Pilus
Sebelum pilus populer seperti sekarang dan dikemas dalam bentuk jajanan oleh industri besar, sebenarnya pilus adalah jajanan asal Tegal. Bentuknya yang kecil-kecil berwarna putih dan gurih ini cocok untuk taburan nasi hangat atau bisa juga dicemil begitu saja.

- Kacang Bogares
Kacang Bogares digoreng dengan pasir sehingga tidak terasa berminyak dan rasanya yang khas dijamin membuat kita ketagihan.Ada beberapa merek kacang bogares tapi yang paling terkenal adalah kacang Bogares Ceria.

Untuk membeli oleh-oleh ini kita bisa ke toko oleh-oleh yang ada di sepanjang jalan Veteran Tegal. Atau bisa juga ke 
Toko oleh oleh kas tegal
Jl. KH. W. Hasim, Mangkukusuman, Tegal Tim., Kota Tegal, Jawa Tengah 52131, Indonesia.


Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment