Saturday, April 22, 2017

# Info Kuliner

Mengenal Lezatnya Kuliner Tegal

Tegal, kota yang terkenal dengan logat bicara para penduduknya ini punya banyak potensi wisata alam dan juga wisata kuliner. Kuliner tegal sangat beragam dan tersebar di seantero kota dan bisa ditemukan di pedagang kaki lima ataupun di rumah makan. Bagi kamu yang ada rencana ke Tegal jangan lupa untuk mencicipi kuliner kota ini. 

Sate Kambing Batibul/balibul

Sate kambing di kota Tegal menggunakan daging dari kambing yang berumur 3 atau 5 bulan, itulah kenapa dinamai Batibul (bawah tiga bulan). Rasanya empuk dan tidak dibakar sampai gosong, meski bisa saja kita request sampai matang kepada penjual. Disajikan dengan sambal kecap dan irisan tomat yang khas makin terasa nikmat.

Teh Poci
Sumber bakmipurjombor.blogspot.com

Sebagai sentra pabrik teh yang tersebar di kota dan kabupaten, Tegal punya tradisi minum teh dari poci tanah liat. Untuk meminumnya tidak menggunakan gula pasir tapi gula batu dan rasanya wangi sepet legi dan kentel.


Nasi Lengko

Nasi lengko adalah nasi putih yang tertutup tahu dipotong dadu, tempe orek, irisan timun, tauge, sayuran dan remukan krupuk mie berwarna kuning. Lalu disiram bumbu kacang dan kecap manis.

Soto Tauto

Soto yang tidak berwarna bening ini dikarenakan adanya tauto atau tauco yang dicampurkan dalam kuahnya. Pelanggan bisa memesan soto ayam atau soto daging sapi. Citarasanya gurih dan segar. 

Kupat Glabed
Sumber mazzhamsah.blogspot.com
Kupat yang dipotong-potong lalu disiram kuah berwarna kuning agak kental ini rasanya sangat lezat, meski tidak pedas. Bisa ditambah sate blengong atau sate kerang yang juga dijual di warung penjual kupat glabed.

Sate Margasari
sumber www.duniaqtoy.com
Bukan sate kambing atau sapi, tapi sate ayam dengan bumbu yang berbeda, jika biasanya sate ayam dicocol atau disiram bumbu kacang maka di sate margasari disajikan dengan kuah warna kuning yang gurih.

Tahu Gejrot
Dibuat dari tahu pong yang dipotong-potong lalu disiram bumbu seperti bumbu rujak dengan bawang membuat rasanya dominan pedas. Tahu gejrot nikmat banget disantap siang hari, dan bikin keringat makin bercucuran. Meski aslinya jajanan ini dari cirebon, tapi di Tegal ada banyak yang jual juga, buat yang mau coba bisa ke alun-alun Tegal ya.


Semua kuliner di atas tentunya bisa ditemukan jika kamu berwisata di kota Tegal bahari, soal rasa meski relatif di lidah tiap orang tapi saya jamin tidak mengecewakan.

Selamat berwisata kuliner! 

3 comments:

  1. Kalau warung tegal banyak juga ya? :D saya suka sate kambing dan tahu gejrot :D

    ReplyDelete
  2. Kalau warung tegal banyak juga ya? :D saya suka sate kambing dan tahu gejrot :D

    ReplyDelete
  3. Aku suka soto tauto daging sapi ama teh poci 😊

    ReplyDelete